Friday, November 1, 2013

Rumus dan Fungsi pada Microsoft Office Excel

Berikut adalah beberapa macam macam Fungsi yang dapat digunakan untuk memudahkan dalam penentuan data statistik ataupun logika, pada program aplikasi Microsoft Office Excel.

Mengenal Operasi Hitung

Berikut adalah beberapa operasi aritmatika dalam program MS. Office Excel
  1. + (plus): digunakan untuk operasi aritmatika yakni dalam penjumlahan
  2. – (minus): digunakan untuk operasi aritmatika yakni dalam pengurangan
  3. * (kali): digunakan untuk operasi aritmatika yakni dalam perkalian
  4. / (bagi): digunakan untuk operasi aritmatika yakni dalam pembagian
  5. % (persen): digunakan untuk operasi aritmatika yakni dalam persentase
  6. ^ (pangkat): digunakan untuk operasi aritmatika yakni dalam pangkat
 
Fungsi Statistik

Berikut adalah beberapa rumus dalam fungsi statistik pada program MS. Office Excell

  1. AVERAGE : Menghitug nilai rata-rata dari sejumlah data dalam range
    *sintak: =AVERAGE(number1,...,number2)
  2. SUM : Menghitung total jumlah data yang ada dalam range
    *sintak: =SUM(number1,...,number2)
  3. COUNT: Menghitung jumlah cell atau parameter/argument yang berisi bilangan
    *sintak: =COUNT(value1…value2)
  4. MAX : Menentukan bilangan dengan nilai tertinggi dari sejumlah data dalam range
    *sintak: =MAX(number1…number2) 
  5.  MIN : Menentukan bilangan dengan nilai terendah dari sejumlah data dalam range
    *sintak: =MIN(number1…number2)
  6. MEDIAN : Mencari median (bilangan tengah) di dalam sekumpulan data dalam suatu range
    *sintak: =MEDIAN(number1…number2)
  7. KUARTIL 1 : Mencari kuartil 1 di dalam sekumpulan data dalam suatu range
    *sintak: =QUARTILE(cell1,..,cell2;1)
  8. KUARTIL 2 : Mencari kuartil 2 di dalam sekumpulan data dalam suatu range
    *sintak: =QUARTILE(cell1,..,cell2;2)
  9.  KUARTIL 3 : Mencari kuartil 3 di dalam sekumpulan data dalam suatu range
    *sintak: =QUARTILE(cell1,..,cell2;3)
  10. Standar Deviasi : Menentukan simpangan baku di dalam sekumpulan data dalam suatu range
    *sintak: =STDEV(cell1,..,cell2)
  11. RAGAM : Menentukan ragam di dalam sekumpulan data dalam suatu range
    *sintak: =VAR(cell1,..,cell2)
  12. JANGKAUAN : Menentukan jangkauan di dalam sekumpulan data dalam suatu range dengan menggunakan jngkauan Minimal dan Maximal 
    *sintak: =MAX(cell1,cell2)-MIN(cell1,cell2)
  13. MODE : Mencari modus (bilangan yang paling sering muncul) di dalam sekumpulan data dalam range
    *sintak: =MODE(number1…number2) 
  14. FREQUENCY : menghitung kemunculan data dengan batasan yang telah ditentukan
    *sintak: =FREQUENCY(data_array;bins_array)
  15. COUNTA : fungsi untuk menghitung jumlah data yang berbentuk numerik/karakter.*sintak : = COUNTA(cell1,cell2)
  16.  COUNTIF :  fungsi untuk menghitung jumlah data yang berbentuk numerik / Karakter berdasarkan numerik / Karakter yang dicari.
    *sintak: = COUNTIF(Range,”UNISAN”), 
  17. COUNTBLANK :  fungsi untuk mencari jumlah data yang  Kosong*sintak : = COUNTBLANK(Range)

Fungsi Logika

Berikut adalah beberapa fungsi Logika pada program MS. Office Excel
  1. NOT : Jika nilai argumen logika nya TRUE maka hasilnya akan bernilai NOT.
    *instak: =NOT(nilai logika)
  2. AND : Dipakai untuk menggabungkan nilai logika dari beberapa nilai logika menjadi satu nilai logika baru.
    *sintak: =AND(logika1;logika2;…)
  3. OR - Sama dengan logika And namun, untuk logika Or hasilnya akan bernilai TRUE jika salah satu nilai logika yang digunakan bernilai TRUE
    *sintak:  =OR(logika1;logika2;…)
    examp: =OR(5>1;9<7) => bernilai TRUE
  4. IF - fungsi logika untuk memilih satu dari dua nilai berdasar pengujian logika
    *sintak: =IF(UjiLogika;nilaiJikaBenar;NilaiJikaSalah)
    examp: =IF(C1>80;”Lulus”;”Gagal”) maka hasilnya “Lulus” jika C1>80, jika E4 kurang dari 80 maka hasilnya “Gagal”
  5. SINGLE IF : Fungsi Menguji kebenaran suatu kondisi
    *sintak: =IF(range)
  6. MULTI IF : Fungsi hampir sama dengan fungsi IF tetapi di ambil dari dua kondisi
    *sintak : =IF(range) men-range dua atau lebih cell
  7. AREAS : Fungsi Menampilkan jumlah area (range atau sel) dalam suatu referensi (alamat sel atau range yang di sebutkan).
    *sintak : =IF(REFERENCE)
  8. CHOOSE : Fungsi Menampilkan hasil pilihan berdasarkan nomor indeks atau urutan pada suatu referensi (VALUE) yang berisi data teks, numeric, formula atau nama range.
    *sintak : =CHOOSE(index_num;value1;value2...)
  9. MATCH : Fungsi menampilkan posisi suatu alamat sel yang di tetapkan sebelumnya yang terdapat dalam sekelompok data
    *sintak : =MATCH(lookup_value;lookuparray;match_type


Fungsi dalam pengaturan Text

Berikut adalah beberapa fungsi dalam mengatur karakter atau text dalam program MS. Office Excel
  1. UPPER : fungsi untuk mengkonversi huruf kecil menjadi huruf kapital
    *sintak: =UPPER(cell1)
  2. LOWER : fungsi untuk mengkonversi huruf kapital menjadi huruf kecil seluruhnya.
    *sintak: =LOWER(cell1)
  3. PROPER : fungsi dalam excel untuk merubah huruf awal pada stiap kata mnjadi huruf kapital.
    *sintak: =PROPER(cell1)
  4. ROUND : fungsi dalam excel untuk mebulatkan angka dalam ribuan
    *sintak: =ROUND(cell1;digit nomor)
  5. CONCATENATE : adalah formulafungsi dalam excel yang berfungsi untuk  menggabungkan data dari beberapa sel  menjadi satu kalimat.
    *sintak: =CONCATENATE(cell1,cell2,cell3,cell,4...)

SEMOGA BISA MEMBANTU...!!!

3 comments: